KERJA SAMA INTERNASIONAL

Ini 3 Kesepakatan Dagang Terbaru yang Diteken RI

Redaksi DDTCNews
Minggu, 14 Agustus 2016 | 18.01 WIB
Ini 3 Kesepakatan Dagang Terbaru yang Diteken RI

Ilustrasi ekspor-impor (Foto: DDTCNews)

JAKARTA, DDTCNews — Sedikitnya 3 kesepakatan perdagangan telah disetujui Indonesia baru-baru ini, dan sejalan dengan itu sejumlah negara telah mendeklarasikan akan membuka kantor perwakilan di Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia di bidang perdagangan dan investasi.

Ketiga kesepakatan itu adalah Indonesia-Australia melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), Indonesia European Free Trade Association-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) dan Indonesia European Union-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo mengatakan rencana pembukaan sejumlah kantor perwakilan asing itu merupakan respons positif dari paket kebijakan ekonomi yang tengah berjalan saat ini.

“Banyak negara mengapresiasi paket deregulasi ekonomi yang dilakukan Indonesia,” katanya seperti dikutip laman resmi Kementerian Keuangan, Jumat (12/8).

Dia menambahkan beberapa pihak juga menaruh perhatian lebih atas lengkah Indonesia yang terus terus menjalin kesepakatan kerja sama perdagangan bebas yang strategis.

Menurut Iman respons positif itu mengemuka saat acara pertemuan para menteri negara-negara ASEAN yang digelar di Valentine, Laos, Awal Agustus lalu.

“Indonesia dianggap penting bagi negara mitra dagang,” pungkasnya. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.