KOTA BANDAR LAMPUNG

Pemkot Tempuh Dua Cara Ini untuk Genjot PAD

Redaksi DDTCNews
Selasa, 26 Juni 2018 | 09.51 WIB
Pemkot Tempuh Dua Cara Ini untuk Genjot PAD

BANDAR LAMPUNG, DDTCNews - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung terus melakukan optimalisasi penerimaan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Setidaknya sudah ada dua cara untuk menggenjot PAD tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung Badri Tamam menjelaskan dua cara yang ditempuh Pemkot adalah transparansi pengelolaan aset daerah dan pendataan potensi pajak daerah.

"Pemkot terus mengoptimalkan PAD, salah satunya dengan menggandeng swasta dalam pengelolaan aset-aset yang ada di kawasan protokol Kota Bandar Lampung," katanya, Senin (25/6).

Badri menjelaskan bahwa kerja sama dengan swasta dalam pengelolaan aset antara lain berupa pembangunan hotel, sarana pelayanan publik hingga tempat hiburan. Dengan begitu, aset Pemkot dapat dikelola menjadi hal yang produktif.

Selain menggandeng swasta dalam pengelolaan aset, pemkot juga akan melakukan pendataan ulang untuk potensi pajak daerah. Salah satunya yang akan dilakukan adalah pendataan untuk retribusi parkir dan pajak hiburan.

"Peningkatan pendataan yang sangat signifikan, seperti izin mendirikan bangunan (IMB), lahan parkir dan sebaran tempat hiburan," terangnya.

Kedua cara ini diharapkan dapat meningkatkan PAD Bandar Lampung dalam jangka panjang, sehingga mendorong kemandirian dalam pembiayaan dan pengelolaan daerah.

"Segala upaya ini menjadi tulang punggung penerimaan daerah di Kota Bandar Lampung," tutupnya dilansir Lampung Pro. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.