PEMILIHAN KETUA BPK

Agung Firman dan Agus Joko Pimpin BPK

Redaksi DDTCNews
Senin, 21 Oktober 2019 | 22.32 WIB
Agung Firman dan Agus Joko Pimpin BPK

Ketua BPK Agung Firman Sampurna.

JAKARTA, DDTCNews—Sidang anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hari ini, Senin (21/10/2019) di Kantor Pusat BPK Jakarta sepakat memilih Agung Firman Sampurna dan Agus Joko Pramono sebagai Ketua dan Wakil Ketua BPK.

Siaran pers Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK yang diterima DDTCNews Senin malam ini (21/10/2019) menyebutkan sidang tersebut juga menyepakati pembagian tugas dan wewenang masing-masing anggota BPK.

Hendra Susanto ditetapkan sebagai anggota I, Pius Lustrilanang sebagai anggota II, Achsanul Qasasi sebagai anggota III, Isma Yatun sebagai anggota IV, Bahrullah Akbar sebagai anggota V, Harry Azhar Azis sebagai anggota VI, dan Daniel Lumban Tobing sebagai anggota VII.

“Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK serta pembagian tugas dan wewenang Ketua Wakil Ketua, dan masing-masing Anggota BPK dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK,” ungkap siaran pers tersebut.

Selanjutnya, masih dari siaran pers itu, sesuai dengan Pasal 16 ayat (2) UU tersebut, Ketua dan Wakil Ketua BPK terpilih akan melakukan pengucapan sumpah atau janji yang akan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung.

Agung Firman sebelumnya adalah anggota I BPK sejak Oktober 2014. Sebelumnya putra politisi senior Partai Golkar Kahar Muzakir ini pernah menjabat sebagai Anggota III BPK (2012-2013), dan Anggota V BPK (2013-2014).

Sementara itu, Agus Joko Pramono pernah menjabat sebagai Anggota II BPK sejak Oktober 2014. Sebelum itu, mantan tenaga ahli Anggota VII BPK Bahrullah Akbar ini menjabat sebagai Anggota III BPK sejak Agustus 2013.

Sayang, siaran pers itu tidak menyebutkan untuk berapa lama masa bakti Agung Firman dan Agus Joko. Apakah masih mengikuti pola sebelumnya pada masa kepemimpinan Ketua BPK Harry Azhar Azis 2,5 tahun, atau mencakup 5 tahun hingga 2024. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.