LAYANAN PEMERINTAH

Pusat Data Nasional Gangguan, Kominfo Janji Pulihkan Secara Bertahap

Muhamad Wildan
Sabtu, 22 Juni 2024 | 14.17 WIB
Pusat Data Nasional Gangguan, Kominfo Janji Pulihkan Secara Bertahap

Wisatawan mancanegara menjalani pemeriksaan keimigrasian di autogate yang dioperasikan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (6/3/2024). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

JAKARTA, DDTCNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku akan segera memulihkan layanan publik pasca terjadinya gangguan pada pusat data nasional (PDN).

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan tim teknis sedang bekerja keras guna mengatasi gangguan pada PDN dalam rangka mempercepat pemulihan layanan publik.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik. Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," kata Budi Arie, dikutip Sabtu (22/6/2024).

Akibat gangguan pada sistem PDN, terdapat beberapa layanan publik di sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) yang terganggu, salah satunya layanan keimigrasian di bandar udara.

Menurut Budi Arie, layanan publik terdampak akan dipulihkan secara bertahap. "Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap," katanya.

Untuk diketahui, PDN adalah fasilitas penempatan sistem elektronik dan komponen terkait lain untuk keperluan penempatan, penyimpanan, pengolahan, hingga pemulihan data.

PDN memiliki beragam fitur, seperti government cloud computing, integrasi dan konsolidasi pusat data instansi pusat dan daerah, penyediaan proprietary platform, dan lain-lain.

Sembari menunggu proses pembangunan PDN selesai, PDN yang digunakan oleh K/L dan pemda saat ini adalah PDN sementara berbasis cloud. PDN sementara diselenggarakan berdasarkan Perpres 132/2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Pembangunan PDN pertama di Cikarang, Jawa Barat ditargetkan selesai pada tahun ini. Sedangkan pembangunan PDB kedua yang berlokasi di Batam ditargetkan selesai pada tahun depan. Pada saat yang sama, pemerintah juga merencanakan pembangunan PDN ketiga di Ibu Kota Nusantara (IKN). (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.