ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Daftar Online tapi Belum Terima Kiriman Kartu NPWP? Ini Kata DJP

Redaksi DDTCNews
Rabu, 24 Juni 2020 | 11.01 WIB
Sudah Daftar Online tapi Belum Terima Kiriman Kartu NPWP? Ini Kata DJP

Ilustrasi. (DDTCNews)

JAKARTA, DDTCNews – Banyak wajib pajak yang mengeluhkan belum dikirimnya kartu nomor pokok wajib pajak (NPWP) meskipun sudah melakukan pendaftaran secara online.

Berdasarkan pantauan DDTCNews, keluhan tersebut banyak disampaikan kepada contact center Ditjen Pajak (DJP), Kring Pajak, melalui Twitter. Banyak wajib pajak yang mengaku sudah melakukan registrasi secara online lebih dari satu bulan sebelumnya.

Terkait dengan keluhan tersebut, Kring Pajak memberikan penjelasan. Ketentuan terkait pendaftaran NPWP diatur dalam PER-04/PJ/2020. KPP melakukan penelitian atas kelengkapan permohonan yang disampaikan oleh wajib pajak.

“KPP akan menerbitkan Kartu NPWP, SKT [surat keterangan terdaftar], dan EFIN [electronic filling identification number] paling lama 1 hari kerja dalam hal sudah sesuai ketentuan,” tulis Kring Pajak merespons keluhan wajib pajak melalui Twitter, seperti dikutip pada Rabu (24/6/2020).

Sesuai Pasal 10 ayat (6) PER-04/PJ/2020, jika dokumen persyaratan yang diunggah (di-upload) tidak memenuhi ketentuan, Kepala KPP meminta klarifikasi kepada wajib pajak dan menyampaikan surat permintaan klarifikasi/pemenuhan kelengkapan dokumen.

Jika wajib pajak telah terdaftar, Kepala KPP melakukan penghapusan secara jabatan atas NPWP yang diterbitkan terakhir dan menyampaikan surat keputusan penghapusan NPWP kepada wajib pajak tersebut.

Kring Pajak mengatakan kartu NPWP dan SKT akan dikirim ke alamat wajib pajak melalui pos dengan bukti pengiriman surat. Jika lebih dari satu bulan belum menerimanya, wajib pajak diminta melakukan konfirmasi ke KPP terdaftar melalui telepon yang ada di laman http://pajak.go.id/id/unit-kerja.

“Selain itu, dapat juga mengajukan permintaan kembali kartu NPWP ke KPP terdaftar. Untuk orang pribadi dapat diajukan ke seluruh KPP. Formulir permintaan kembali kartu NPWP dapat Kakak unduh dalam laman https://pajak.go.id/id/formulir-pajak/formulir-permintaan-kembali,” imbuh Kring Pajak. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
user-comment-photo-profile
RIVANA AGUSTINA
baru saja
maaf,saya ingin bertanya apakah penelitian npwp memakan waktu yang lama?, teman saya yang baru baru daftar sudah dapat email penelitian dari registrasi pajak, sedangkan saya sudah 1 bulan belum ada email penelitian dari pihak registrasi pajak padahal saya sudah mendapatkan nomor pajak
user-comment-photo-profile
Dhebbo Shi'aisahRaffa Abadie
baru saja
maaf kalo sudah berhasil. bakal di kirim sama pos atu bagai mana yah..
user-comment-photo-profile
RB Tardibque
baru saja
mohon dipercepat proses penelitian yg daftar online..karena istri saya sdh daftar online dan sudah ada nomor pada tgl o5 Oktober 2020 tetapi sampai skrng 02 Desember 2020 blom dapat kartunya...kami daftar online di bantu oleh pihak djp kab.Mukomuko..sudah 3 kali kami bolak-balik ke kantor djb..tetapi kartu belum bisa cetak..dgn alasan masih penelitian..disuruh nunggu 6 bulan..alangkah lama sekali..untuk cetak Kartu NPWP padahal Nomor sudah ada..terimakasih.
user-comment-photo-profile
Dadan
baru saja
Ko blm juga dapat kartu npwp nya belum di kirim kirim padahal udah daptar online dan sudah dapat nomor nya tapi blm jg dapat kartu npwp nya
user-comment-photo-profile
Rudy
baru saja
saya salah satu yang belum menerima kartu npwp, stelah terdaftar secara online. saya daftr online. dan sampe skrg saya blm menerima kartu npwp nya sdh 1 bulan..blom ada terima...mohon untuk d data..trimakasih
user-comment-photo-profile
AGUS HERMAWAN HULU
baru saja
#MariBicara akhirnya saya bisa mendapatkan kartu NPWP dengan mudah dengan pendaftaran online tanpa harus kekantor. mantap!!!
user-comment-photo-profile
Kurnia yully afrianti
baru saja
saya salah satu yang belum menerima kartu npwp, stelah terdaftar secara online. saya daftr online karna posisi saya bekerja di luar kota tmpt tggl saya. dan sampe skrg saya blm menerima email u/verivikasi data ulang atau repeat daftr. trimakasih
user-comment-photo-profile
Sadewo
baru saja
kalau gaji 3 jt apakah bisa membuat npwp? terus apakah wajib melaporkan spt? terimakasih.