INDEKS KEYAKINAN KONSUMEN

Duh, Setelah Menguat 3 Bulan, Keyakinan Konsumen Kembali Melemah

Muhamad Wildan
Selasa, 06 Oktober 2020 | 16.17 WIB
Duh, Setelah Menguat 3 Bulan, Keyakinan Konsumen Kembali Melemah

Pedagang kali lima (PKL) pasar tradisional Lambaro tidak mamakai masker dan mengabaikan protokol kesehatan saat beraktifitas di Aceh Besar, Aceh, Sabtu (3/10/2020). Indeks keyakinan konsumen (IKK) tercatat kembali melemah pada September 2020 setelah sebelumnya terus mengalami penguatan sejak Juni hingga Agustus 2020. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp)

JAKARTA, DDTCNews - Indeks keyakinan konsumen (IKK) tercatat kembali melemah pada September 2020 setelah sebelumnya terus mengalami penguatan sejak Juni hingga Agustus 2020.

Berdasarkan survei konsumen yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI), posisi IKK pada September 2020 berada pada zona pesimis sebesar 83,4, lebih rendah dari IKK Agustus 2020 sebesar 86,9.

"Tertahannya perbaikan keyakinan konsumen terjadi pada seluruh kategori responden. Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 13 dari 18 kota survei, dengan penurunan terdalam di DKI Jakarta, diikuti Denpasar dan Padang," tulis BI dalam laporannya, Selasa (6/10/2020).

Terhambatnya perbaikan konsumen terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang. BI mencatat indeks ekspektasi konsumen (IEK) terperosok dari 118,2 pada Agustus 2020 menjadi 112,6 pada September 2020.

Indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) juga mengalami penurunan meski tidak sedalam penurunan komponen IEK yakni dari 55,6 pada Agustus 2020 menjadi 54,1 pada September 2020.

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah kembali disebabkan oleh diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah. Hal ini menurunkan aktivitas ekonomi dan menekan penghasilan masyarakat.

Secara lebih spesifik, keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini mengalami perlemahan bila dibandingkan dengan 6 bulan sebelumnya akibat penurunan gaji, honor, dan omzet akibat PSBB.

Dari sisi pengeluaran, keyakinan konsumen untuk membeli durable goods atau barang tahan lama juga mengalami penurunan, terutama pada jenis barang elektronik, furnitur, dan perabot rumah tangga.

Meski demikian, BI mencatat rata-rata porsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi meningkat dari 67,4% pada Agustus 2020 menjadi 68,8% pada September 2020.

Dengan ini, porsi pendapatan konsumen yang ditabung menurun dari 20,4% menjadi 19,8%, sedangkan porsi pendapatan yang digunakan untuk membayar cicilan menurun dari 12,2% menjadi 11,4%. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.