Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dalam peresmian MPP Kabupaten Pati, Rabu (16/12). (foto: Kementerian PAN-RB)
JAKARTA, DDTCNews – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mewujudkan transformasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik (MPP).
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menekankan transformasi pelayanan kepada masyarakat saat ini, terutama dalam situasi pandemi merupakan kesempatan bagi para ASN untuk melakukan percepatan dalam mewujudkan transformasi pelayanan.
"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Saatnya kita bajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan besar," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian PAN-RB, Rabu (16/12/2020).
Menurut Tjahjo, ASN tidak boleh terjebak dalam rutinitas, tetapi perlu mengembangkan terobosan, ide, dan kreativitas dalam reformasi pelayanan. Contoh, transformasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati menjadi MPP.
Saat ini, MPP Kabupaten Pati telah menyatukan 305 jenis layanan dalam 22 gerai yang terdiri dari 13 organisasi perangkat daerah dan sembilan instansi vertikal. MPP ini merupakan MPP ke-33 secara nasional dan merupakan MPP ke-6 di Provinsi Jawa Tengah.
Tjahjo menilai pembentukan MPP sejalan dengan tujuan pembangunan ekonomi nasional. Untuk itu, ia berharap MPP bisa menciptakan iklim usaha yang kondusif dan menaikkan kemudahan berusaha di Indonesia.
"Mudah-mudahan dengan adanya MPP ini mempercepat pelayanan kepada masyarakat, mempercepat perizinan, dan investasi di wilayah Pati. Saya rasa ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi," tuturnya.
Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan MPP merupakan bukti nyata sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah yang berhasil menghilangkan ego sektoral demi kesuksesan program pembangunan.
"Seluruh organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal yang telah tergabung dapat lebih fokus berkolaborasi dan bersinergi karena memiliki komitmen yang sama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.
Kehadiran MPP bagi masyarakat ini juga menjadi cerminan komitmen Pemkab Pati untuk melakukan perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, sekaligus menjawab kebutuhan publik akan kemudahan pelayanan. (rig)