KINERJA PEMERINTAH

Sri Mulyani Minta Pegawai Kemenkeu Kebut Transformasi Layanan Publik

Dian Kurniati
Selasa, 19 Oktober 2021 | 15.45 WIB
Sri Mulyani Minta Pegawai Kemenkeu Kebut Transformasi Layanan Publik

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan jajarannya agar terus mengakselerasi transformasi pelayanan publik.

Sri Mulyani mengatakan transformasi harus tetap berlanjut untuk menghadapi berbagai tantangan yang bermunculan di masa depan. Dalam transformasi tersebut, dia juga meminta pemanfaatan teknologi digital semakin optimalkan.

"Transformasi-transformasi itu bukan suatu kegiatan 1 tahun dan selesai, namun dia merupakan sebuah sikap untuk terus-menerus mau dan mampu berubah sesuai dengan tantangan yang kita hadapi lingkungan yang terus berubah," katanya, Selasa (19/10/2021).

Sri Mulyani mengatakan pengelola keuangan negara selalu dihadapkan pada berbagai tantangan seperti pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Dalam kondisi tersebut, adaptasi harus dilakukan agar pengelolaan keuangan negara dan pelayanan kepada publik tetap berjalan dengan baik.

Menurutnya, teknologi digital telah memainkan peran besar di tengah tantangan yang semakin kompleks. Kemenkeu juga dinilainya menjadi salah satu kementerian yang relatif mampu mengadopsi dan menggunakan teknologi digital dengan baik, termasuk dalam memberikan pelayanan publik.

Meski demikian, Sri Mulyani juga meminta para jajarannya menyadari pemanfaatan teknologi digital saat ini baru awal dari berbagai perubahan yang akan terjadi di masa depan. Menurutnya, Kemenkeu sebagai institusi harus terus mendorong agar pemanfaatan teknologi digital semakin besar.

"Sehingga cara kita bekerja di Kementerian Keuangan untuk menggunakan transformasi digital sebagai suatu cara untuk memperbaiki kerja dan kinerja kita, termasuk pelayanan publik, menjadi suatu keniscayaan," ujarnya.

Dalam cakupan yang lebih luas, Sri Mulyani menyampaikan harapannya agar adaptasi dan adopsi teknologi digital tidak hanya berlangsung di internal Kemenkeu. Menurutnya, Indonesia berpotensi menjadi negara yang mampu ikut berkontribusi dalam mengeksplorasi perubahan-perubahan akibat adanya dan penggunaan teknologi digital di berbagai segmen kehidupan masyarakat. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
user-comment-photo-profile
Audina Pramesti
baru saja
Digitalisasi pelayanan publik harus dilakukan secara berkesinambungan. Hal ini karena adanya digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi pelaksanaan pelayanan publik pada lembaga-lembaga dibawah naungan Kementerian Keuangan.