JAKARTA, DDTCNews – Menteri Perindustrian Airlangga Hartato meminta para pelaku industri dalam negeri untuk semakin memperkuat branding produknya guna meningkatkan nilai jualnya di tengah ketatnya persaingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).
Airlangga menyatakan siap memfasiitasi kegiatan penelitian dan pengembangan produk melalui balai-balai yang tersedia di lingkungan.
“Jadi pelaku industri harus percaya diri dan kreatif dalam memberikan nama produknya,” ujarnya, Jumat (9/10) seperti dikutip laman Kementerian Perindustrian.
Menurutnya, kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk buatan negara lain bahkan beberapa di antaranya telah menguasai pasar ekspor.
Dia menambahkan upaya branding yang optimal akan menciptakan ciri khas tersendiri terhadap produk tersebut dibandingkan dengan produk serupa lainnya.
Airlangga berharap branding yang melekat pada produk buatan dalam negeri bisa mencerminkan kebudayaan Indonesia yang pada akhirnya akan membentuk identitas nasional.
“Misanya Jepang, mereka membangun industri otomotif di Indonesia untuk basis kebutuhan pasar dunia. Walaupun kandungan produknya mencapai 90% dari industri komponen kita, tetapi orang mengetahui brand mobi Daihatsu dan Toyota dari Jepang,” tambahnya.
Sementara itu, Airlangga mengimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan jasa dan produksi dalam negeri guna memajukan industri dalam negeri. (Amu)