INDIKATOR MAKRO

Listrik & Elpiji Angkat Inflasi Oktober

Redaksi DDTCNews
Selasa, 01 November 2016 | 14.29 WIB
Listrik & Elpiji Angkat Inflasi Oktober

JAKARTA, DDTCNews – Badan Statistik Pusat (BPS) mengungkapkan laju inflasi Oktober 2016 mencapai 0,14% (month to month) atau 3,31% (year on year), hingga terakumulasi sebesar 3,31% sepanjang tahun berjalan (year to date).

Kepala BPS Surhariyanto mengatakan inflasi bulan lalu dipicu kenaikan komponen harga yang diatur pemerintah, terutama kenaikan tarif listrik baik prabayar dan pasca bayar serta kenaikan harga bahan bakar rumah tangga (elpiji 3 kg).

“Pola seperti ni tidak biasa karena penyumbang inflasi itu administered price. Tapi, secara umum harga pangan masih terkendali,” katanya Selasa (1/11). 

Dia menambahkan harga bahan makanan mengalami deflasi hingga 0,21% dikarenakan penurunan beberapa harga komoditas, seperti bawang merah, daging ayam ras, telor ayam ras, dan kacang panjang.

Akan tetapi, harga cabai merah yang merangkak naik perlu mendapat perhatian khusus. Selain itu, untuk makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau juga mengalami inflasi sekitar 0,24%.

Adapun, komoditas yang dominan menjadi penyumbang inflasi variable ini ada pada semua jenis rokok, yaitu rokok kretek, filter, dan rokok putih. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.