PNBP AWARDS 2016

Wamenkeu: 29% Pendapatan Negara Disumbang PNBP

Awwaliatul Mukarromah
Selasa, 06 Desember 2016 | 16.01 WIB
Wamenkeu: 29% Pendapatan Negara Disumbang PNBP

JAKARTA, DDTCNews – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberi penghargaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Awards 2016 kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan stakeholder lainnya. Penganugerahan tersebut sebagai apresiasi atas kontribusi berbagai lembaga dalam mengoptimalkan pendapatan negara.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan PNBP bersama penerimaan pajak merupakan pilar utama penerimaan negara yang selama ini menopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dalam satu dekade ini, kontribusi PNBP rata-rata mencapai 29% dari total pendapatan negara," ujarnya dalam pernyataan tertulis kepada DDTCNews, Selasa (6/12).

Mardiasmo mengatakan pemberian PNBP Awards 2016 diharapkan dapat memberi motivasi kepada Kementerian dan Lembaga serta stakeholder yang lain untuk lebih mengoptimalkan pendapatan negara.

"Pengelolaan PNBP diharapkan dapat dikelola dengan lebih profesional, transparan dan akuntabel," jelasnya.

Adapun kategori penghargaan yang diberikan meliputi K/L Pengelola PNBP terbaik, K/L dengan kontribusi PNBP terbesar, BUMN dengan kontribusi PNBP terbesar, Mitra pengelola PNBP terbaik, serta Bank/Pos persepsi yang berperan aktif dalam implementasi sistem informasi PNBP Online (SIMPONI).

Penghargaan K/LPengelola PNBP terbaik diterima oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perhubungan.

Sementara untuk penghargaan K/L dengan kontribusi PNBP terbesar diberikan kepada 13 Kementerian. Ke-13 Kementerian tersebut adalah Kementerian ESDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan.

Selajutnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM, Kemenristekdikti, Kementerian Agraria dan Pertanahan Nasional, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kemenakertrans dan Kementerian Luar Negeri.

Kemudian kategori BUMN dengan kontribusi PNBP terbesar diberikan kepada PT Pertamina dan PT Kaltim Prima Coal. Lalu kategori Mitra pengelola PNBP terbaik diberikan kepada SKK Migas.

Kategori Bank/Pos persepsi yang berperan aktif dalam implementasi sistem informasi PNBP Online (SIMPONI) diterima oleh Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri dan Pos Indonesia. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.