PROFIL PERPAJAKAN VIETNAM

Sedot Investasi, PPh-nya Dipangkas Jadi 20%

Redaksi DDTCNews
Kamis, 19 Mei 2016 | 06.11 WIB
Sedot Investasi, PPh-nya Dipangkas Jadi 20%

NEGARA komunis ini dikenal sebagai produsen kopi dan lada sejak permulaan abad ke-20. Industri kopinya terus berkembang hingga menjadi kekuatan ekonomi utama negara ini. Sayang, Vietnam sempat hancur dihantam perang saudara yang berlangsung lebih dari 10 tahun.

Kebangkitan Vietnam dimulai dari reformasi Doi Moi yang terjadi setelah Perang Vietnam. Program itu berhasil mengantarkan Vietnam lolos dari isolasi politik dan ekonomi. Ekonominya yang berorientasi komunis-sosialis berubah menjadi ekonomi pasar liberal dan terbuka.

Pada Februari 2016, Vietnam menandatangani perjanjian Trans Pacific Partnership (TPP), pakta ekonomi yang digagas AS. Bersama Filipina, negara ini disebut-sebut sebagai salah satu negara Asean yang kebal dengan krisis global jilid kedua yang berlangsung 2014-2015.

Kebijakan Perpajakan
Sistem perpajakan Vietnam adalah self-assessment. Terdapat 2 jenis tarif PPh Badan di Vietnam, yaitu flat rate dan preferential. Secara umum, PPh badan dikenakan tarif tunggal sebesar 22%, dan menurut rencana, guna menyedot lebih banyak investasi asing, akan diturunkan menjadi 20% di 2016.

Untuk preferential rate, ada tarif khusus tergantung jenis usaha dan syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, perusahaan migas dikenakan tarif 32%-50%, tambang mineral 40% atau 50% tergantung lokasi, atau perusahaan yang berinvestasi di bidang sosial dikenakan tarif khusus 10%.

Sementara itu, untuk PPh orang pribadi dikenakan tarif progresif dan tarif tunggal. Tarif progresif diberikan untuk residen Vietnam yang dibagi menjadi 7 lapis penghasilan. Adapun, tarif tunggal dikenakan bagi non-residen Vietnam.

Selain itu, bagi penghasilan dari bunga dan royalti dikenakan withholding tax sebesar 5%-10%. Untuk mencegah penghindaran pajak berganda Vietnam telah menandatangai perjanjian dengan 61 negara, kecuali dengan AS. (Sumber: IMF & World Bank, 2016/ Bsi)

Data Perpajakan Vietnam
UraianKeterangan
Sistem pemerintahanParlementer
PDB nominalUS$191,45 miliar (2015)
Pertumbuhan ekonomi6,7% (2015)
Populasi90,7 juta jiwa (2014)
Tax Ration/a
Otoritas PajakGeneral Department of Taxation
Sistem PerpajakanSelf assessment
Tarif PPh Badan22%
Tarif PPh Orang Pribadi5%-35% dan 20% (nonresiden)
Tarif PPN10%
Tarif pajak dividen-
Tarif pajak royalti10%
Tarif bunga5%
Tax Treaty61 negara

 

Baca :

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.