ESTONIA

Negara Ini Bebaskan Pajak atas Sumbangan dan Hibah ke Ukraina

Vallencia
Selasa, 15 Maret 2022 | 16.00 WIB
Negara Ini Bebaskan Pajak atas Sumbangan dan Hibah ke Ukraina

Ilustrasi.

TALLINN, DDTCNews – Parlemen Estonia (Riigikogu) memutuskan untuk membebaskan pajak atas sumbangan dan hibah yang diberikan kepada Ukraina. Kebijakan ini ditambahkan dalam amendemen UU Pajak Penghasilan (UU PPh).

Ketua Komite Keuangan Parlemen Andrei Korobeinik mengatakan pembebasan tersebut diberikan guna menjaga integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina. Insentif ini juga diberikan sebagai wujud bantuan kemanusiaan.

"Draf undang-undang tersebut memberikan pembebasan pajak penghasilan hingga 31 Desember atas sumbangan dan hadiah yang diberikan oleh badan hukum residen untuk tujuan menjaga integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina serta bantuan kemanusiaan," katanya, Selasa (15/3/2022).

Seperti dilansir baltictimes.com, pembebasan pajak atas sumbangan dan hibah ke Ukraina akan berlaku hingga akhir 2022. Pembebasan pajak ini hanya berlaku bagi badan hukum residen di Estonia yang memberikan sumbangan melalui asosiasi tertentu.

RUU menyebut sumbangan dan hibah harus dilakukan melalui asosiasi tertentu sehingga proses pelaksanaan menjadi terkoordinasi dan terarah. Terdapat 7 asosiasi yang terpilih untuk menangani sumbangan ke Ukraina.

Ketujuh asosiasi tersebut, antara lain Estonian Refugee Council, Mondo, the Ukrainian Cultural Center, the National Defense Promotion Foundation, the Estonian Red Cross, the Rescue Association, and Rotary Club Tallinn Old Town.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Keuangan Parlemen Aivar Kokk menyarankan Pemerintah Estonia untuk juga menyerahkan daftar asosiasi yang memenuhi syarat kepada Dewan Pajak dan Bea Cukai.

Penyerahan daftar tersebut perlu dilakukan sehingga Dewan Pajak dan Bea Cukai dapat memastikan pengiriman bantuan telah sesuai dengan tujuan serta tidak meningkatkan beban administrasi yang signifikan dalam pelaksanaannya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.